Sabtu, 19 Desember 2009

Utuh Menyimpan Halaman Web

Kita terkadang perlu untuk menyimpan halaman web untuk berbagai keperluan, seperti referensi misalnya. Biasanya untuk menyimpannya secara utuh kita lakukan dengan cara file>save as lalu pada bagian file type dipilih web page,complete.

Namun, terkadang halaman tadi tidak tersimpan secara sempurna. Mungkin ada beberapa bagian yang hilang atau malah susunan halaman menjadi terlihat agak sedikit kacau.

Ada tips kecil untuk masalah itu. Bagi pengguna firefox bisa memanfaatkan add-on Mozilla Archive Format. Dengan add on ini halaman yang disimpan sempurna. Bila sudah selesai maka pada jendela add-on (Tools>Add-ons) akan ada tambahan daftar add-on.


Cara menggunakannya sangat mudah. Tinggal download add-on ini. Lalu instal dengan membukanya melalui File>Open File dan arahkan ke tempat file (berekstensi .xpi)yang barusan didownload tadi. Lalu muncul jendela instalasi add on. Klik instal.

Kemudian untuk menyimpan halaman secara penuh, pilih Save Page as. Lalu pada bagian Save as Type pilhlah Web Archive, MAFF zipped. Atau bisa juga dengan Web Arcvhieve MHTML.


Selamat mencoba.

10 komentar: