Minggu, 31 Mei 2009

Pengenalan CSS

CSS pertama muncul pada HTML 4.0. Fungsi CSS dalam web development lebih bekutat pada tampilan web page. Mulai dari memformat tampilan text hingga penataan layout.


Pada dasarnya, sebenarnya CSS hanyalah digunakan untuk mendefinisikan bagaimana menampilkan element HTML. Jadi, misalkan membuat semua text yang berada dalam tag <p> dan </p> akan berwarna kuning dengan menggunakan css maka tidak perlu memformat satu persatu tinggal tuliskan saja dalam kode css maka semua text yang berada dalam tag <p> dan </p> akan berubah warna.

Umumnya file CSS diletakkan secara terpisah dengan dokumen HTML. Dengan file berekstensi .css disanalah kode CSS diletakkan. Jadi tinggal ngelink aja dari HTML-nya. Ini juga memungkinkan kita untuk melakukan perubahan sekaligus terhadap semua web page yang ingin diubah tampilan atau layoutnya hanya dengan perubahan kecil terhadap file tadi. Jadi kita kerja menjadi lebih efisien.

Untuk melakukan link ke file .css tinggal sisipkan saja kode berikut ini diantara tag <head> dan </head>

<link href="style/main.css" rel="stylesheet" type="text/css">


Pada bagian href="style/main.css" untuk menyatakan letak dari file css kita. Disitu dinyatakan style/main.css yang artinya file cssnya bernama main.css dan berada pada foler style. Dan juga letak dari folder style masih satu folder dengan file HTML yang ngelink kesana.

Ok. Demikian pengenalan CSS-nya. Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar